TERBITKAN KARYA ITU MUDAH ~ Hastag Wanita

About

Monday 16 January 2017

TERBITKAN KARYA ITU MUDAH

Hastag Wanita

Kisah Harry Potter karya J.K. Rowling sempat disimpan di lemari selama bertahun-tahun karena Rowling ditolak beberapa agen penerbit buku. Tapi dia tidak menyerah dan akhirnya kisah itu jadi bacaan wajib anak-anak sedunia. Nach,, kalau kamu punya karya yang briliant, tapi tidak tahu karyamu bisa diterbitkan lewat mana? Nich ada solusinya. . .

BENTANG PUSTAKA
Pembaca tentu sudah sangat kenal dengan buku-buku yang diterbitkan penerbit Bnetang Pustaka, sebut saja tetralogi Laskar Pelangi, Perahu Kertas, The Naked Traveler dan buku-buku booming lain. Penerbit biasanya juga hunting blog yang bagus untuk dterbitkan.

Dikirim kemana? Kamu bisa mengirim soft copy ke bentangpustaka@yahoo.com untuk naskah dewasa dan bentangbelia@gmail.com untuk naskah anak. Untuk hard copy, kamu bisa mengirimnya ke PT Bentang Pustaka, Jl. Kalimantan No. 9A Sinduadi, Mlati, Sleman, Jogjakarta

Berapa lama? Karya nonfiksi bisa sekitar tiga bulanan. Tapi kalau nonfiksi, Bentang Pustaka lagi kebanjiran kiriman naskah, bisa sampai delapan bulan hingga setahun.

Tip & trik : Katanya sich, lebih efektif kirim karya hard copy untuk memudahkan editor memilih karya yang bakal diterbitkan. Soal selera, kamu harus rajin ke toko buku buat cari tahu apa sich yang lagi marak.

INDIE BOOK CORNER
Penerbit yang satu ini juga berasal dari Jogja. Namanya juga indie, kamu bisa nulis apa aja, bahkan yang  tidak mainstream untuk diterbitkan. Kriterianya bebas. Bisa puisi, cerita pendek ataupun novel. Temanya juga bebas, tapi ya tetep yang berkualitas. Kalau cetak minimum 40 eksemplar. Biaya cetaknya ditanggungbpenulis. Tapi asiknya, penulis boleh menentukan sendiri jumlah royalti untuk buku terbitnya.

Dikirim kemana? indiebookcorner@yahoo.com. Jangan lupa sertakan biodata penulis.

Berapa lama? Prosedurnya tergolong gampang dan anak muda banget, gak pake ribet. Cuma butuh waktu sebulan untuk satu proyek penerbitan buku. Mulai editing, cover hingga cetak.

Tip & trik : Follow Twitter @indieBookCorner terlebih dahulu. Kalau pengen cepet dapat kesempatan, sering-sering dech jadi follower penulis-penulis yang sudah menerbitkan buku atau yang udah jadi seleb twit. 

NULISBUKU
Penerbit yang satu ini dikenal sebagai self publishing berbasis print on demand. Maksudnya, semua penulis bisa bebas nerbitin bukunya, bergantung pesanan. Penerbit ini juga punya basis komunitas yang kuat.

Dikirim kemana? kamu buka dulu website-nya nulisbuku.com dan www.nulisbuku.com/projects/upload, terus lakukan registrasi, gratis kok. Ikuti semua petunjuk yang ada disana.

Berapa lama? Di luar cetak, hanya 10 hari kerja karya kita sudah bisa dilihat di "toko buku" nulisbuku.com

Tip & trik : Katanya sich, lebih efektif kirim karya hard copy untuk memudahkan editor memilih karya yang bakal diterbitkan. Soal selera, kamu harus rajin ke toko buku buat cari tahu apa sich yang lagi marak. 


0 comments:

Post a Comment